Minggu, 30 Agustus 2015

Gunung Bromo: Lautan Pasir di Puncak Pulau Jawa

Tak kalah dengan Provinsi lainnya, Provinsi Jawa Timur juga memiliki berbagai destinasi wisata yang mempesona khalayak. Provinsi yang terletak di ujung Pulau Jawa tersebut mempunyai banyak lokasi wisata alam maupun bersejarah yang dikenal oleh wisatawan lokal maupun asing. Salah satu tempat wisata di Jawa timur yg harus dikunjungi yaitu Gunung Bromo. Jangan pernah mengatakan pernah mengunjungi Jawa Timur apabila Anda belum pernah menginjakkan kaki di gunung api yang berpasir tersebut.
Gunung Bromo dikelilingi oleh empat wilayah Kabupaten, antara lain Malang, Pasuruan, Probolinggo, dan Lumajang. Untuk mencapai lokasi, Anda dapat menggunakan travel agent maupun menggunakan mobil pribadi. Jika menggunakan mobil pribadi, rute yang akan dilalui meliputi Surabaya – Pasuruan – Wonokriti – Gunung Bromo. Lama perjalanan sekitar 2 hingga 3 jam jika tidak sedang macet karena hari libur nasional.
Keistimewaan tempat wisata ini terletak pada hamparan pasir seluas 5.250 hektar di ketinggian 2392 m dpl. Gunung Bromo sendiri berada di dalam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Anda dapat menikmati pesona keindahan matahari terbit dan tenggelam dengan pemandangan lautan pasir Bromo yang begitu indah. Selain itu, Anda juga bisa menaiki tangga yang berjumlah ratusan maupun sekedar menunggang kuda untuk menikmati pemandangan puncak Semeru tersebut. Banyak turis dari seluruh dunia yang megabadikan momen saat sunrise di Bromo. Anda akan mendapatkan pemandangan indah saat Bromo mengeluarkan asap tebalnya dari kejauhan.
Suhu di Gunung Bromo berkisaran antara 3 hingga 20 derajat celcius. Namun, saat musim kemarau dapat berubah menjadi di bawah nol derajat celcius. Jangan lupa siapkan baju tebal, topi, dan sarung tangan, agar tidak kedinginan saat mendaki. Rute yang sangat curam pada tanjakan lautan pasir membuat kendaraan roda empat sangat tidak disarankan untuk memasuki lokasi. Anda bisa berjalan kaki, naik kuda, atau menyewa kendaraan umum seperti jeep yang disewakan oleh pemandu wisata.
Selain melihat pemandangan spektakuler dari puncak gunung, Anda bisa menyaksikan berbagai adat istiadat yang dilakukan oleh masyarakat sekitar Gunung Bromo. Pada bulan Kasada atau bulan kesepuluh, sekitar bulan September hingga November, suku Tengger akan datang ke Gunung Bromo untuk melemparkan sesajen berupa uang, ayam, dan sayuran ke dalam kawah yang berapi.
Yang tak kalah menariknya, yaitu pemandangan danau di sekitar Gunung Bromo. Banyak pendaki yang biasanya menyempatkan diri untuk mengunjungi beberapa danau seperti Ranu Pani, Ranu Regulo, dan Ranu Kumbolo. Pemandangan menakjubkan yang ditawarkan Gunung Bromo menjadikan tempat ini sebagai tempat wisata di Jawa timur yg harus dikunjungi oleh seluruh pelancong di dunia.
Anda bisa mengunjungi Gunung Bromo dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum yang bisa ditumpangi. Selain itu, Anda juga bisa menyewa mobil di tempat persewaan mobil yang terpercaya seperti City Home Rent Car. Rental mobil yang satu ini menawarkan berbagai armada mobil yang bisa disewa dengan harga terjangkau. Anda bisa menyewa mobil Alphard, Avanza, Xenia, dan Luxio. Berbagai paket sewanya juga beragam, Anda bisa menyewa selama 12 jam dalam kota, 24 jam dalam kota, jemput di bandara, paket bulanan, dan berbagai kebutuhan lainnya yang bisa Anda ajukan ke customer service City Home Rent Car. Anda juga bisa mendapatkan layanan yang memuaskan dari supir yang profesional.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar