Kamis, 03 September 2015

Pulau Mentawai Sumbar: Surga Wisata Bahari di Sumatera

Provinsi Sumatera Barat memiliki salah satu objek wisata yang indah dan menarik untuk dikunjungi, yaitu Pulau Mentawai. Kepulauan Mentawai merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Sumatera Barat. Pulau Mentawai Sumbar terletak di tengah Samudera Hindia. Maka tak heran apabila wilayah ini dikelilingi oleh banyak lautan dan dijadikan sebagai pusat wisata bahari. Banyak wisatawan dalam maupun luar negeri yang tertarik untuk surfing di tempat ini. Gelombang yang ada di Pulau Mentawai Sumbar sangat besar, bisa dikatakan cukup “ekstrim”. Sehingga tak heran jika banyak atlet peselancar dari seluruh dunia yang tertarik melakukan surfing di tempat ini. Bahkan perlombaan tingkat internasional juga sering diselenggarakan di sini.
Di Pulau Mentawai, Anda juga bisa menikmati kegiatan trekking untuk menelusuri hutan tropis yang masih alami dan asri. Pulau Mentawai Sumbar merupakan daerah yang masih alami dan belum banyak dijamah oleh manusia. Selain itu, budaya yang masih kuno dan kental akan ditemui di tempat ini. Penduduk yang tinggal di Pulau Mentawai Sumbar merupakan orang-orang yang masih memiliki budaya kuno seperti saat zaman neolitikum di masa lalu.
Untuk menuju Pulau Mentawai Sumbar, Anda bisa menggunakan kapal motor yang disewakan. Namun sayangnya kapal motor ini hanya disewakan sebanyak dua kali dalam seminggu, yaitu pada hari Minggu malam dan hari Kamis malam. Perjalanan menggunakan kapal motor dari Padang menuju Kepulauan Mentawai memakan waktu sekitar satu hari. Untuk tarifnya, sekitar Rp 105.000 hingga Rp 125.000. Untuk alternatif lainnya, Anda bisa menggunakan pesawat Tiger Air atau SMAC menuju Tuapejat di Pulau Sipora. Kemudian menggunakan kapal untuk menuju ke Muara Siberut selama 3 hingga 4 jam.
Masalah kuliner, Pulau Mentawai Sumbar memiliki beberapa makanan utama berupa sagu, ikan, dan babi. Namun makanan khasnya berupa tanaman keladi. Tanaman keladi hanya ada di Pulau Mentawai Sumbar saja, tepatnya di Desa Tua Pejat. Selain makanan, di tempat ini Anda juga bisa berbelanja berbagai souvenir menarik khas Pulau Mentawai Sumbar.
Untuk bisa ke pulau ini, Anda memang harus menggunakan kapal motor. Namun sebelumnya Anda harus menuju Sumatera Barat dulu. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan jasa sewa mobil yang profesional seperti City Home Rent Car. Rental mobil yang satu ini menawarkan berbagai armada mobil yang bisa disewa dengan harga terjangkau. Anda bisa menyewa mobil Alphard, Avanza, Xenia, dan Luxio. Berbagai paket sewanya juga beragam, Anda bisa menyewa selama 12 jam dalam kota, 24 jam dalam kota, jemput di bandara, paket bulanan, dan berbagai kebutuhan lainnya yang bisa Anda ajukan ke customer service City Home Rent Car.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar